Sabung Ayam CockFT
penyakit cacingan pada ayam aduan

Penyakit Cacingan Pada Ayam Aduan Dan Penanggulangannya

 

SABUNG AYAM ONLINE – Salam satu hobi buat para pecinta ayam aduan di tanah air tercinta, Indonesia. Untuk kali ini saya selaku SabungAyamCockft akan memberikan beberapa ulasan menarik mengenai beberapa penyakit pada ayam aduan serta cara penanggulangannya. Rangkuman ini saya ambil dari salah satu situs agen judi sabung ayam terpercaya dan terbesar 2018/19, JoinSabungAyam. Selain menyediakan berita hangat mengenai dunia ayam aduan, situs ini juga menyediakan permainan sabung ayam online yang saat ini banyak digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Kegiatan adu ayam ini sudah lama sekali diminati oleh beberapa kalangan dari muda hingga tua sekalipun loh. Bahkan dipercayai kegiatan laga ayam ini sudah menjadi tradisi, seperti di Bali. Agen Sabung Ayam ini juga menyediakan promo menarik yang memanjakan para pecinta ayam aduan yaitu Jackpot Sabung Ayam 100%. Ditunggu apa lagi !!!

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya ilmu pengetahuan mengenai ayam tidak pernah ada habis-habisnya. Mulai dari kesehatan si ayam, kandang, pakan dan lain-lainnya yang dijadikan faktor utama untuk penilaian ayam tersebut berkualitas atau tidak. Tapi kali ini berbeda yang akan saya berikan kepada para pembaca setia sabung ayam yaitu info tentang penyakit pada ayam aduan serta cara mengobatinya Simaklah beberapa ulasan yang sudah saya rangkum dibawah ini.

penyakit cacingan pada ayam aduan

Pada umumnya penyakit cacingan tidak mengakibatkan kematian ayam secara mendadak seperti halnya pada serangan penyakit seperti Avian Influenza dan Newcastle Desease. Penyakit cacingan pada ayam kurang disadari oleh para peternak karena biasanya unggas yang terinfeksi penyakit cacingan tidak menunjukkan gejala klinis yang menciri. Apabila ayam terkena penyakit cacingan maka akan terjadi beberapa hal pada ayam seperti menurunnya efisiensi ransum dan produksi telur.

Heterakis gallinae

Cacing heterakis gallinae tidak menimbulkan akibat yang serius pada kesehatan unggas. Minimal tidak mengakibatkan gejala yang cukup signifikan, namun walaupun tidak berbahaya untuk ayam tapi bagi para peternak juga harus mewaspadai penyakit cacingan ini karena bisa berdampak pada perkembangan ayam. Cara penularan cacing Heterakis gallinae sama dengan cacing Ascaridia galli, Parasit ini dapat dibasmi dengan menggunakan fenbendazole.

Ascaridia galli

Cacing Ascaridia galli pada umumnya menyerang ayam umur 3-4 bulan. Cacing Ascaridia galli berpindah tempat dari usus ke oviduct dan bisa masuk ke dalam telur pada waktu pembentukan telur tersebut. Cacing yang dewasa dapat dilihat dengan mata telanjang karena panjang nya dapat mencapai ½ sampai 3 inchi.

Ayam yang terinfeksi oleh cacing Ascaridia galli akan terlihat lesu, diare dan tubuh kurus. Kerugian yang paling utama yang ditimbulkan yaitu penurunan efisiensi ransum/pakan, kematian ayam hanya terjadi pada infeksi yang sangat berat.

Cara pencegahan dari penyakit ini yang dapat dilakukan yaitu dengan sanitasi kandang yang baik dan dilakukan pemisahan terhadap ayam berdasarkan umurnya. Usahakan kandang selalu dalam keadaaan bersih dan pemberian obat adalah solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Capillaria annulata

Parasit ini mengakibatkan penipisan dan juga inflamasi pada mukosa, Cacing Capillaria annulata atau Capllaria contorta biasanya sering ditemukan pada tembolok dan esophagus.

Berbeda dengan jenis cacing yang lain, pembentukan embryo membutuhkan waktu 6 hingga 8 hari dan akan sangat infeksius untuk peternakan ayam. Kerusakan terparah akibat cacing ini akan terjadi pada 2 minggu setelah infeksi. Akibat dari parasit ini akan menimbulkan inflamasi berat dan terkadang terjadi pendarahan serta erosi pada usus dan dapat menyebabkan kematian pada ayam. Masalah yang bisa ditimbulkan akibat parasit ini yaitu penurunan pertumbuhan ayam, penurunan produksi dan fertilitas.

Pemberian vitamin A sangat baik untuk ayam dan sanitasi kandang yang baik.

 

Secara umum, tanda gejala penyakit cacingan pada ayam adalah sebagai berikut:

  1. nafsu makan berkurang.
  2. tubuh ayam menjadi kurus.
  3. sayap kusam dan terkulai.
  4. pertumbuhan lamban.
  5. kotoran encer dan berlendir berwarna keputihan.

Cara penanggulangan yang bisa dilakukan secara umum adalah sebagai berikut ini:

  1. pemberian Caricid pada usia 4-6 minggu dengan takaran/dosis 30 ml/3 liter air untuk 100 ekor ayam. Usia lebih dari 6 minggu diberi dosis 6 ml/10 liter air untuk 100 ekor ayam.
  2. campurkan premix 2.4% ke dalam pakan dengan takaran/dosis 2.5 kg/kg pakan diberikan selama 5-6 hari.
  3. sanitasi kandang dengan desinfektan.

“Jasa Sabung Ayam Online Terpercaya”

Add comment

Media Social

Ikuti terus update dari kami, jangan ketinggalan informasi dan tips trik seputar sabung ayam.